Esai

Seni Hidup Manusia Berakhlak Mulia Dalam Islam (1)

7 Mins read

(Sumber Gambar: Redaksi Kuliah Al-Islam)


KULIAHALISLAM.COM – Pandangan hidup pribadi muslim ialah sebagai makhluk yang mengabdikan diri dalam arti seluas-luasnya, baik sebagai hamba Allah (QS. [51]: 56) maupun sebagai khalifah-Nya (QS. [2]: 30); sebagai pewarispewaris di muka bumi
(QS. [27]: 62), yang 
menerima amanah (QS. [33]: 72). Dalam pengabdian itu ia mengikuti petunjuk dan suri tauladan Nabi Muhammmad SAW. (QS. Al-ahzab: 21) yang menjadi rahmat bagi segenap alam (QS.[21]: 107). Dengan pengabdian itu setiap pribadi berupaya mencapai
kebahagiaan di dunia dan di 
akhirat.

Menurut ajaran Islam, atribut inti dari makhluk manusia adalah akhlak, yang mencakup pemilikan kesadaran diri, pengarahan diri, kehendak dan intelek kreatif. Pada sisi lain, manusia diketahui memiliki dimensi jasmani, akal, dan roh. Sementara Al-Gazali (dalam Muhaimin, 1993) mengklasifikasikan kepada: dimensi diri, dimensi sosial, dan dimensi metafisik. Islam adalah suatu ajaran yang memberikan tuntunan dalam menghasilkan sikap dan prilaku yang benar bagi manusia itu, sehingga tujuan menempatkan manusia dalam kehidupannya sebagai makhluk yang bermartabat mulia, sesuai dengan fitrahnya, akan dapat tercapai.

Oleh karena itu, ajaran akhlak menemukan bentuknya yang sempurna pada ajaran agama Islam dengan titik pangkalnya pada Tuhan dan akal manusia. Agama Islam pada intinya mangajak manusia agar percaya kepada Tuhan dan mengakui; bahwa Dia-lah Rabbul’alamin. Juga
mengandung jalan 
hidup manusia yang paling sempurna dan memuat ajaran yang menuntun umat kepada kebahagiaan dan kesejahteraan. Konsep Islam tentang akhlak sungguh luas karena mencakup seluruh kepribadian dan kahidupan manusia.


Berakhlak mulia itu dalam ajaran Islam adalah orang yang dipujikan Allah swt. dan ditinggikan derjatnya. Orang yang berakhlak mulia itu adalah orang yang sukses, sehat dan bahagia hidupnya. Setiap pribadi semestinya memiliki akhlak yang mulia, agar terwujud pembangunan manusia seutuhnya. Dalam ajaran Islam, pribadi dan sepak terjang Rasulullah SAW. adalah manifestasi dan realisasi dari ajaran-ajaran Alquran, yang di dalamnya terkandung sumua sifat-sifat Tuhan. Siti ‘Aisyah, dalam menerangkan sifat-sifat Rasulullah SAW. dengan ringkas tetap berkata: ”akhlak Rasulullah saw. ialah Alquran” (Hamka,1982;I:70, Humaidi Tatamangarsa, 1980:16-7). Lebih dari itu al Qur’ān sendiri telah dengan tegas menyatakan bahwa Rasulullah saw. adalah sebagai panutan/ikutan yang baik. (QS. al Ahzab, 33:21). Dalam sejarah tercatat, selama hidupnya beliau senantiasa membantu orang lain, dan sangat peduli terhadap penderitaan orang lain.


Sahabat pernah bertanya pada Nabi tentang inti agama sebagai berikut: Hai Nabi! Apakah inti agama itu (mā ad-dān)? Pertanyaan ini ditanyakan sahabat kepada Nabi sebanyak empat kali. Tiga kali Nabi menjawab pertanyaan itu dengan “akhlak yang baik” (husnul-khulūq). Sedang jawaban keempat Nabi memberikan “amā tafqahu, wahuma ′allā taghdhab!”
(Ahmad 
bin Hambal: 1981). Jawaban ini hakikatnya juga akhlak, yakni agar orang jangan cepat emosi. Dalam menjawab tentang hakikat (inti) agama, Nabi saw., ada yang  mengatakan bahwa agama itu adalah nasehat menasehati (al-dīnul
nashīhah),
agama itu adalah muamalah (al-dīnul
mu’amalah
), agama itu adalah iman (al-dīnul
īmān
), akhlak itu tandan kesempurnaan iman (akmalul mukminīna
īmānan ahsanuhum 
khuluqan), akhlak itu wadah agama (akhlaqu wi’āuddīn), dan bahwa kebahagiaan seseorang itu terletak pada akhlaknya yang baik (min
sa’ādatil mar′′i 
husnul khuluq), (Muhammad Mawardi, Jawahir al Hadis, t.t.). Nabi sendiri menegaskan bahwa aku diutus menjadi Rasul adalah bertugas untuk menyempurnakan akhlak manusia (innamā bu’istu liutammima makārimal akhlāq(Hambal, 1981). Disamping itu pribahasa (Syauqy) mengatakan pula bahwa “Tegaknya suatu umat itu karena akhlak baiknya dan apabila akhlaknya rebah maka rebah pulalah umat (bangsa) itu” (Asmaran, 1992). Dengan demikian, bahwa akhlak itu adalah ajaran dasar agama Islam yang wajib diketahui, dipahami, dihayati, dan diamalkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari, serta dibiasakan sejak dini baik secara pribadi maupun secara sosial sebagai seorang Islam.

Baca...  Childfree dan Suka Duka Mengurus Anak

Konsep Akhlak Menurut Islam

Kata akhlak diartikan sebagai budi pekerti
atau kelakuan. Kata
akhlak, menurut Quraish
Shihab (2000), walaupun terambil 
dari
bahasa Arab (yang biasa berartikan 
tabi’at,
perangai, kebiasaan,
bahkan agama), namun kata
seperti itu tidak 
ditemukan
dalam Alquran. Yang ditemukan 
hanyalah
bentuk tunggalnya yaitu
khuluq yang tercantum dalam QS. Al-Qalam 68: 4, dan
al-Syu’ara’ 26:137. 
Artinya:
Dan Sesungguhnya kamu 
benar-benar
berbudi pekerti yang agung 
(QS.
Al-Qalam, [68]: 4)
.


Artinya: (agama Kami) ini tidak lain hanyalah adat kebiasaan orang dahulu. QS. al-Syu’ara’ 26:137). Kata akhlak banyak ditemukan di dalam hadis-hadis Nabi saw., dan yang paling popular diantaranya adalah, Artinya: Aku hanya diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. Sehubungan
dengan 
makna ini, Muhaimin (1994) mengemukakan bahwa pengertian akhlak secara etimologis berasal dari kata khuluq dan jama’nya akhlaq, yang berarti budi pekerti, etika, moral. Kata khuluq mempunyai kesesuaian dengan khilqun, hanya saja khuluq merupakan perangai manusia dari dalam diri (ruhaniyah) sedang khilqun merupakan perangai manusia
dari 
luar (jasmaniah). Term khuluq
juga berhubungan erat dengan Khaliq
(Pencipta), dan makhluq (yang diciptakan).

Pengertian etimologis tersebut berimplikasi bahwa akhlak mempunyai kaitan dengan Tuhan pencipta yang menciptakan manusia, luar dan dalam, sehingga tuntunan akhlak harus dari Khalik (Tuhan Pencipta), dan juga persesuaian kata dengan makhluk yang mengisyaratkan

adanya sumber akhlak dari ketetapan manusia bersama, sehingga dalam hidup manusia harus berakhlak yang baik manurut ukuran Allah dan ukuran manusia. Hal ini memberi pengertian, bahwa apapun fungsi seorang muslim, harus berakhlak Islam dalam kehidupannya. Dalam hal ini ajaran Islam telah menyatakan bahwa, yang menjadi suri teladan bagi setiap orang Islam ialah pribadi Rasulullah SAW. sebagaimana tersebut dalam Alquran surat 33 al-Ahzab ayat 21. Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri
teladan yang baik bagimu 
(yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan)
hari kiamat dan Dia 
banyak menyebut Allah (QS. al-Ahzab [33]: 21).

Muhammad Al-Gazali, dalam bukunya Ihya ‘Ulumuddin (1980) menyebutkan bahwa akhlak itu berhubungan erat dengan soal kejiwaan. Kalau jiwa itu merupakan hakikat yang hakiki dari manusia, maka penyimpangan dari akhlak yang mulia berarti penyimpangan dari esensi kemanusiaan. Akhlak itu tidak dapat dipisahkan dari soal kejiwaan. Akhlak itu dapat diibaratkan sebagai hai’ah
(sikap, sifat) yang melekat pada jiwa yang darinya timbul af’al (perilaku) dengan mudah tanpa hajat kepada pemikiran dalam melakukannya, dalam arti sudah menjadikebiasaan. Oleh sebab itu
dikatakan bahwa 
akhlak itu adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang dari sifat itu timbul perbuatanperbuatan dengan mudah
tanpa memerlukan 
pertimbangan pikiran terlebih dahulu.

Apabila hai’ah jiwa itu bersesuaian dengan akal dan syari’at, maka jiwa akan melahirkan af’al yang baik dan itu disebut akhlak mulia. Sebaliknya apabila hai’ah jiwa itu melahirkan af’al
yang buruk dan itu dinamakan dengan akhlak yang jahat.


Menurut Ahmad Amin (1990), akhlak adalah “adabul-iradah” atau kehendak yang dibiasakan. Kehendak ialah ketentuan dari beberapa keinginan sesudah bimbang, sedang kebiasaan ialah perbuatan yang diulang-ulang sehingga mudah dikerjakan. Jika kehendak itu dikerjakan berulang-kali sehingga menjadi kebiasaan, maka itulah yang kemudian berproses menjadi akhlak. Setiap akhlak mulia yang dikenal oleh fitrah dan akal sehat, individu dan masyarakat dapat hidup secara bahagia dengan dominasinya, maka Islam menyetujuinya, memerintahkan dan menganjurkannya. Sedangkan setiap perbuatan nista yang ditentang oleh fitrah dan akal yang sehat, ajaran Islam hadir untuk mengingkarinya dan mengecamnya.

Akhlak menurut Alquran termasuk diantara karakteristik dasar orang-orang beriman dan bertakwa, yang mana tidak akan masuk surga, tidak akan selamat, serta tidak akan mendapatkan kebahagiaan hakiki dalam kehidupan, orang-orang selain mereka. Sedang menurut sunnah Nabi, akhlak termasuk di antara cabang-cabang keimanan (syu’b ul iman); tidak sempurna keimanan seseorang kecuali ia menghias diri dengannya dan mengosongkan diri dari akhlak buruk. Oleh karena itu nilai-nilai dalam Alquran dinyatakan dengan akhlak; dengan segala akar katanya. Sedang dalam falsafah Islam diistilahkan dengan takwa. Takwa adalah sistem nilai atau akhlak Islam. Sistem takwa atau akhlak Islam itu mencakup semua nilai yang diperlukan manusia dalam keselamatan, kebahagiaan, dan kesempurnaan hidupnya di dunia dan di akhirat.

Baca...  Konsep Pemimpin Dalam Al-Qur'an

Ciri-ciri Akhlak dalam Ajaran Islam

Akhlak Islam pada prinsipnya adalah makna
yang terpenting dalam hidup ini. Di 
dalam
Alquran terdapat 1504 (seribu lima 
ratus
empat) ayat yang berhubungan dengan 
akhlak,
baik segi teori maupun segi praktis 
(Al
Syaibany, 1979:313). Sebagian dari 
ayat-ayat
tersebut telah tertuang dalam lima 
nilai-nilai
akhlak di atas. Intisari dari hal ini 
tercantum
dalam surat al Qalam, 68:4, yang 
menyatakan
Sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti (akhlak) yang agung” Oleh sebab itu ‘Aisyah
r.a. seketika ditanya tentang akhlak 
Rasulullah
SAW. (yang dalam sebuah 
riwayat,
jawaban istri Nabi itu diberikan 
setelah
melalui proses dari Amirul 
Mukminin,
kemudian Bilal, kemudian Aly, 
karena
hal itu sangat sulit bagi orang untuk 
menggambarkan
bagaimana akhlak 
Rasulullah
itu) beliau menjawab 
“Akhlaknya
adalah Alquran”. Kemudian 
beliau
berkata: “Tidakkah engkau membaca: 
Innaka la’ala
khuluqin ‘azhim”?.


Dalam hidup seseorang akan melalui tiga
tahap masa sehubungan dengan peran 
dan
fungsi manusianya, yaitu tahap tuntutan 
panggilan
kewajiban yang dilakukan dalam 
hal
ini sebagai anak, orang tua, guru dan 
seterusnya,
tahap menyahuti/melaksanakan
tuntutan tersebut, dan tahap
hisab/penilaian 
terhadap pelaksanaan tuntutan tersebut. Abbas Mahmud Al Akkad dalam Asy Syaibany (1979), mengemukakan bahwa manusia tidak bertanggung jawab terhadap masalah yang tidak diketahuinya, tetapi ia akan bertanggung jawab terhadap yang

diketahui dan yang sanggup ia ketahui. Tidak ada sesuatu di alam ini (ghaib dan syahadah) yang disembunyikan seluruhnya dari pengetahuan manusia. Apa yang sanggup diketahuinya maka ia akan dihisab tentang itu. Pendapat ini didasari oleh firman Allah yang antara lain: (QS.al-Thur, [5]2.

Betapa indahnya wejangan ajaran dengan melarang
kejelekan, yang semuanya 
kelak akan dipertangung jawabkan. akhlak Islam dalam ayat di atas, memerintahkan kebajikan yang di iringi dengan kesabaran.

Baca...  Dakwah Itu Tidak Hanya Dilakukan dengan Ceramah

Akhlak dalam ajaran Islam merupakan
sesuatu yang sangat urgen dalam 
kehidupan
ini, yaitu sebagai landasan dalam 
penentuan
keberhasilan seseorang 
dihadapan
Allah, dan makhluk-Nya, dan 
sebagai
landasan baginya untuk 
melaksanakan
geraknya, dan sangat 
menentukan
keberhasilannya dalam 
mencapai
tujuan.

Akhlak
itu bagaikan lautan tak 
bertepi,
ia tak dapat dipisahkan dari dimensi 
yang
satu dengan dimensi yang lainnya, dia 
harus
sejalan antara pikiran, perbuatan dan 
perkataan,
memerintahkan dengan 
meninggalkan,
antara hubungan vertikal 
dengan
horizontal, sederhana (antara 
berlebihan
dengan berkurangan), realisme, 
sesuai
kemampuan , istiqamah pada dasardasar dan prinsip-prinsip akhlak. 
Setiap
manusia muslim wajib
berakhlak 
Islami
sesuai tuntunan Alquran.

Di tengahtengah kondisi yang diselimuti kekacauan akhlak
ini, diharapkan setiap
manusia mampu menjadi
muslim sejati, mampu menjalankan 
hidupnya,
senantiasa bertakwa kepada Allah 
di
mana saja dan kapan saja serta dengan 
siapa
saja. Tentunya dimulai dengan cara 
membiasakan
dari diri sendiri dan keluarga 
dan
seterusnya. Semoga kita selalu dalam 
bimbingan
Allah dan mengikuti akhlak 
Rasul-Nya.
Ya Allah! Engkau telah 
membaikkan
kajadianku (Nabi saw.) maka 
baikkan
pula akhlakku. (
Allahumma hassanta khalqii fahassin khuluqii !)

2366 posts

About author
Merupakan media berbasis online (paltform digital) yang menyebarkan topik-topik tentang wawasan agama Islam, umat Islam, dinamika dunia Islam era kontemporer. Maupun membahas tentang keluarga, tokoh-tokoh agama dan dunia, dinamika masyarakat Indonesia dan warga kemanusiaan universal.
Articles
Related posts
Esai

Menggali Ajaran Alqur'an Tentang Bullying: Larangan dan Hikmah Dibaliknya

1 Mins read
Bullying, suatu perbuatan tercela yang dapat menjatuhkan martabat dan psikis seseorang – yang berupa tindakan fisik, verbal, atau psikologis – perilaku tersebut…
Esai

Dinamika Perkembangan Islamic Studies

2 Mins read
Dinamika perkembangan Islamic studies. Pada tulisan singkat ini, penulis hendak menelisik tentang sejarah Islamic studies, menguraikan sejarah awal perkembangan studi Islam yang…
Esai

Persepsi Warga Dalam Pemilukada 2024

4 Mins read
KULIAHALISLAM.COM – Pemilihan Umum Kepala Daerah di Indonesia 2024 (Pemilukada) digelar secara serentak untuk daerah-daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights