Artikel

Pandangan Raja Charles III Terhadap Islam dan Barat Saat Berpidato di Oxford

16 Mins read

Gambar Pangeran Charles Berkunjung ke Al Azhar, Mesir

Raja Charles Philip Arthur George; lahir 14 November 1948 merupakan Raja Britania Raya dan Irlandia serta raja dari negara-negara persemakmuran. Ia adalah anak tertua dari Ratu Elizabeth II. Ia naik tahta pada 8 September 2022 setelah kematian ibunya.

Pidato Pangeran
Wales Pidato HRH The Prince of Wales berjudul ‘Islam and the West’ di Oxford
Centre for Islamic Studies , The Sheldonian Theatre, Oxford, 27 OKTOBER 1993

Pangeran Charles menyatakan: Saya percaya sepenuh hati bahwa hubungan antara dua dunia ini lebih penting
hari ini daripada sebelumnya, karena tingkat kesalahpahaman antara dunia Islam
dan Barat tetap sangat tinggi, dan karena kebutuhan keduanya untuk hidup dan
bekerja sama di dunia kita yang semakin saling bergantung telah tidak pernah
lebih besar.

Ketika saya pertama kali
mulai mempertimbangkan subjek kuliah ini, bahwa saya harus mengambil kenyamanan
dari pepatah Arab, di setiap kepala ada beberapa kebijaksanaan.

Saya akui bahwa saya memiliki sedikit
kualifikasi sebagai seorang sarjana untuk membenarkan kehadiran saya di sini,
di teater ini, di mana begitu banyak orang jauh lebih terpelajar daripada yang
saya khotbahkan dan secara umum memajukan sejumlah pengetahuan manusia.

Saya mungkin merasa lebih siap jika saya
adalah keturunan dari Universitas terkemuka Anda, daripada produk dari
Technical College of the Fens‘ meskipun saya harap Anda akan mengingat bahwa
kursi bahasa Arab didirikan di Cambridge abad ke-17 secara penuh, empat tahun
sebelum kursi pertama bahasa Arab Anda di Oxford.

Tidak seperti banyak dari
Anda, saya bukan ahli Islam—meskipun saya senang, untuk alasan yang saya
harap akan menjadi jelas, menjadi Pelindung Pusat Studi Islam Oxford. Pusat
tersebut memiliki potensi untuk menjadi sarana penting dan menarik untuk
mempromosikan dan meningkatkan pemahaman tentang dunia Islam di Inggris, dan
yang saya harap akan mendapatkan tempatnya di samping pusat-pusat studi Islam
lainnya di Oxford, seperti Institut Oriental dan Timur Tengah. Centre, sebagai
institusi yang akan dibanggakan oleh Universitas, dan para sarjana secara lebih
luas.

Mengingat semua keraguan
yang saya miliki tentang menjelajah ke bidang yang kompleks dan kontroversial,
Anda mungkin bertanya mengapa saya di sini di gedung Gelatik yang luar biasa
ini berbicara kepada Anda tentang masalah Islam dan Barat. 

Alasannya adalah,
tuan dan nyonya, saya percaya sepenuh hati bahwa hubungan antara dua dunia ini
lebih penting hari ini daripada sebelumnya, karena tingkat kesalahpahaman
antara dunia Islam dan Barat masih sangat tinggi, dan karena kebutuhan akan
keduanya untuk hidup. dan bekerja sama di dunia kita yang semakin saling
bergantung tidak pernah sebesar ini.

Pada saat yang sama, saya
sangat menyadari ladang ranjau yang terbentang di seberang jalur pengelana yang
tidak ahli yang bertekad untuk menjelajahi rute yang sulit ini.

Beberapa dari apa yang akan saya katakan pasti
akan memancing ketidaksepakatan, kritik, kesalahpahaman dan mengetahui
keberuntungan saya, mungkin lebih buruk. Tapi mungkin, ketika semua dikatakan
dan dilakukan, ada baiknya mengingat pepatah Arab lainnya: ‘Apa yang keluar
dari bibir sampai ke telinga. Apa yang datang dari hati mencapai hati.’

Fakta yang menyedihkan
adalah bahwa, terlepas dari kemajuan teknologi dan komunikasi massa pada paruh
kedua abad ke-20, terlepas dari perjalanan massal, percampuran ras, pengurangan
yang terus tumbuh – atau begitulah kami percaya – misteri dunia kita,
kesalahpahaman antara Islam dan Barat terus berlanjut.

Memang, mereka mungkin tumbuh. Sejauh
menyangkut Barat, ini tidak mungkin karena ketidaktahuan. Ada satu miliar
Muslim di seluruh dunia. Jutaan dari mereka tinggal di negara-negara
Persemakmuran. Sepuluh juta atau lebih dari mereka tinggal di Barat, dan
sekitar satu juta di sini di Inggris. 

Komunitas Islam kita sendiri telah tumbuh
dan berkembang selama beberapa dekade. Ada hampir 500 masjid di Inggris. Minat
populer dalam budaya Islam di Inggris berkembang pesat. Banyak dari Anda akan
mengingat dan saya pikir beberapa dari Anda ikut serta dalam Festival Islam
yang indah yang dibuka oleh Yang Mulia Ratu pada tahun 1976. Islam ada di
sekitar kita. Namun ketidakpercayaan, bahkan ketakutan, tetap ada.

Di dunia pasca-Perang
Dingin tahun 1990-an, prospek perdamaian seharusnya lebih besar daripada kapan
pun di abad ini. Di Timur Tengah, peristiwa luar biasa dan menggembirakan dalam
beberapa minggu terakhir telah menciptakan harapan baru untuk mengakhiri
masalah yang telah memecah belah dunia dan menjadi sumber kekerasan dan
kebencian yang begitu dramatis.

Tapi bahayanya belum
hilang. Di dunia Muslim, kita melihat cara hidup unik orang-orang Arab Rawa di
Irak Selatan, yang berusia ribuan tahun, dihancurkan dan dihancurkan secara
sistematis. Saya akui bahwa selama setahun penuh saya ingin menemukan
kesempatan yang cocok untuk mengungkapkan keputusasaan dan kemarahan saya atas
kengerian yang tidak dapat disebutkan yang dilakukan di Irak Selatan. Untuk
saya,

Dan sekarang kita harus
menyaksikan pengeringan rawa-rawa yang disengaja dan penghancuran total habitat
yang unik, bersama dengan seluruh populasi yang bergantung padanya sejak awal
peradaban manusia. Komunitas internasional telah diberitahu bahwa pengeringan
rawa-rawa adalah untuk tujuan pertanian. Berapa banyak lagi kebohongan cabul
yang harus kita katakan sebelum tindakan benar-benar diambil? Bahkan pada jam
kesebelas, masih belum terlambat untuk mencegah bencana total.

Saya berdoa agar ini
setidaknya menjadi alasan di mana Islam dan Barat dapat bergabung demi
kemanusiaan kita bersama.

Saya telah menyoroti
contoh khusus ini karena sangat dapat dihindari. Di tempat lain, kekerasan dan
kebencian lebih keras dan mengakar, seperti yang kita lihat setiap hari dengan
ngeri dalam penderitaan yang menyedihkan dari orang-orang di seluruh dunia—di
bekas Yugoslavia, di Somalia, Angola, Sudan, di banyak tempat bekas Republik
Soviet. 

Di Yugoslavia, penderitaan mengerikan Muslim Bosnia, bersama dengan
komunitas lain dalam perang yang kejam itu, membantu menghidupkan banyak
ketakutan dan prasangka yang dipertahankan oleh kedua dunia kita satu sama
lain.

Konflik, tentu saja,
muncul karena penyalahgunaan kekuasaan dan benturan cita-cita, belum lagi
aktivitas penghasutan para pemimpin yang tidak bermoral dan fanatik. Tapi itu
juga muncul, secara tragis, dari ketidakmampuan untuk memahami, dan dari emosi
yang kuat yang, karena kesalahpahaman, menimbulkan ketidakpercayaan dan ketakutan. 

Tuan dan nyonya, kita tidak boleh tergelincir ke era baru bahaya dan perpecahan
karena pemerintah dan masyarakat, komunitas dan agama, tidak dapat hidup
bersama dalam damai di dunia yang menyusut.

Anehnya, dalam banyak
hal, kesalahpahaman antara Islam dan Barat harus terus berlanjut. Karena apa
yang mengikat dua dunia kita bersama jauh lebih kuat daripada yang memisahkan
kita. Muslim, Kristen dan Yahudi semuanya adalah ‘umat Kitab’.

Islam dan Kristen berbagi visi monoteistik
yang sama: kepercayaan pada satu Tuhan yang ilahi, dalam kefanaan kehidupan
duniawi kita, dalam pertanggungjawaban kita atas tindakan kita, dan dalam
jaminan kehidupan yang akan datang. 

Baca...  Kekurangan Da'i dan Ulama di Muhammadiyah Menurut Robby Karman

Kami berbagi banyak nilai-nilai kunci yang
sama: menghormati pengetahuan, keadilan, kasih sayang terhadap orang miskin dan
kurang mampu, pentingnya kehidupan keluarga, menghormati orang tua. ‘Hormati
ayahmu dan ibumu’ adalah ajaran Quran juga. Sejarah kita telah terikat erat
bersama-sama.

Namun, ada satu akar
masalahnya. Untuk sebagian besar sejarah itu telah menjadi salah satu konflik;
14 abad terlalu sering ditandai dengan saling bermusuhan. Itu telah memunculkan
tradisi ketakutan dan ketidakpercayaan yang bertahan lama, karena dua dunia
kita sering melihat masa lalu itu dengan cara yang kontradiktif.

Bagi anak-anak sekolah
Barat, 200 tahun Perang Salib secara tradisional dipandang sebagai serangkaian
aksi heroik dan kesatria di mana para raja, ksatria, pangeran – dan anak-anak –
Eropa mencoba merebut Yerusalem dari kaum kafir Muslim yang jahat. 

Bagi umat
Islam, Perang Salib adalah sebuah episode kekejaman besar dan penjarahan yang
mengerikan, dari keberuntungan tentara kafir Barat dan kekejaman yang
mengerikan, mungkin dicontohkan paling baik oleh pembantaian yang dilakukan
oleh Tentara Salib ketika pada 1099, mereka merebut kembali Yerusalem, kota
tersuci ketiga di Islam.

Bagi kami di Barat, 1492
berbicara tentang usaha manusia dan cakrawala baru, tentang Columbus dan
penemuan benua Amerika. Bagi umat Islam, 1492 adalah tahun tragedi—tahun
Granada jatuh ke tangan Ferdinand dan Isabella, menandakan berakhirnya delapan
abad peradaban Muslim di Eropa.

Intinya, menurut saya,
bukanlah bahwa satu atau gambaran lain lebih benar, atau memiliki monopoli
kebenaran. Kesalahpahaman muncul ketika kita gagal menghargai bagaimana orang
lain memandang dunia, sejarahnya, dan peran kita masing-masing di dalamnya.

Akibat wajar dari
bagaimana kita di Barat melihat sejarah kita sering kali menganggap Islam
sebagai ancaman—di abad pertengahan sebagai penakluk militer, dan di zaman
yang lebih modern sebagai sumber intoleransi, ekstremisme, dan terorisme. 

Orang
dapat memahami bagaimana perebutan Konstantinopel, ketika jatuh ke tangan
Sultan Mehmet pada tahun 1453, dan kekalahan dekat Turki di luar Wina pada tahun
1529 dan 1683, seharusnya telah membuat para penguasa Eropa gemetar ketakutan.

Sejarah Bahkan di bawah
pemerintahan Ottoman memberikan contoh kekejaman yang meresap jauh ke dalam
perasaan Barat. Tapi ancaman itu belum satu arah. Dengan invasi Napoleon ke
Mesir pada tahun 1798, diikuti oleh invasi dan penaklukan abad ke-19, dan
hampir seluruh dunia Arab diduduki oleh kekuatan Barat. Dengan jatuhnya
Kekaisaran Ottoman, Eropa.

Hari-hari penaklukan itu
telah berakhir. Tetapi bahkan sekarang sikap umum kita terhadap Islam menderita
karena cara kita memahaminya telah dibajak oleh yang ekstrem dan dangkal. Bagi
banyak dari kita di Barat, Islam dilihat dari segi perang saudara yang tragis
di Lebanon, pembunuhan dan pengeboman yang dilakukan oleh kelompok-kelompok
ekstremis di Timur Tengah, dan dengan apa yang biasa disebut sebagai
‘fundamentalisme Islam’. 

Penilaian kita tentang Islam telah sangat terdistorsi
dengan menganggap ekstrem sebagai norma. Itu, tuan dan nyonya, adalah kesalahan
serius. Ini seperti menilai kualitas hidup di Inggris dengan adanya pembunuhan
dan pemerkosaan, pelecehan anak dan kecanduan narkoba. Ekstrem ada, dan mereka
harus ditangani. Tetapi ketika digunakan sebagai dasar untuk menilai suatu
masyarakat, mereka mengarah pada distorsi dan ketidakadilan.

Sebagai contoh,
orang-orang di negara ini sering berargumen bahwa hukum Syariah dunia Islam itu
kejam, biadab, dan tidak adil. Surat kabar kami, di atas segalanya, suka
menjajakan prasangka yang tidak terpikirkan itu. 

Yang benar adalah, tentu saja,
berbeda dan selalu lebih kompleks. Pemahaman saya sendiri adalah bahwa ekstrem
jarang dipraktikkan. Prinsip pedoman dan semangat hukum Islam, yang diambil
langsung dari Al-Qur’an, harus berupa kesetaraan dan kasih sayang.

Kita perlu mempelajari penerapannya yang
sebenarnya sebelum kita membuat penilaian. Kita harus membedakan antara sistem
peradilan yang dijalankan dengan integritas, dan sistem keadilan seperti yang
kita lihat dipraktikkan yang telah diubah bentuknya karena alasan politik
menjadi sesuatu yang tidak lagi Islami.

Kita juga harus
membedakan Islam dari kebiasaan beberapa negara Islam. Prasangka Barat lainnya
yang jelas adalah menilai posisi perempuan dalam masyarakat Islam dengan
kasus-kasus ekstrem. 

Namun Islam bukanlah monolit dan gambarannya tidak
sederhana. Ingat, jika Anda mau, bahwa negara-negara Islam seperti Turki,
Mesir, dan Suriah memberikan suara kepada wanita sedini Eropa memberikan suara
kepada wanitanya – dan jauh lebih awal daripada di Swiss! Di negara-negara
tersebut perempuan telah lama menikmati upah yang setara, dan kesempatan untuk
memainkan peran kerja penuh dalam masyarakat mereka.

Hak-hak wanita Muslim atas harta benda dan
warisan, atas perlindungan jika diceraikan, dan dalam menjalankan bisnis,
adalah hak-hak yang ditentukan oleh Al-Qur’an 1.400 tahun yang lalu, bahkan
jika itu tidak diterjemahkan ke dalam praktik di mana-mana. 

Di Inggris
setidaknya, beberapa dari hak-hak ini adalah hal baru bahkan bagi nenek saya.
generasi s! Benazir Bhutto dan Begum Khaleda Zia menjadi perdana menteri dalam
masyarakat tradisional mereka sendiri ketika Inggris untuk pertama kalinya
dalam sejarahnya memilih seorang perdana menteri wanita. Itu, menurut saya,
tidak serta merta berbau masyarakat abad pertengahan.

Perempuan tidak otomatis
menjadi warga negara kelas dua karena mereka tinggal di negara-negara Islam.
Kita tidak bisa menilai posisi wanita dalam Islam dengan benar jika kita
mengambil negara-negara Islam yang paling konservatif sebagai perwakilan dari keseluruhan.
Misalnya, jilbab wanita sama sekali tidak universal di seluruh dunia Islam.

Sungguh, saya tergelitik untuk mengetahui
bahwa kebiasaan mengenakan kerudung banyak dipengaruhi oleh tradisi Bizantium
dan Sassaniyah, bukan pada Nabi Islam. Beberapa wanita Muslim tidak pernah
memakai jilbab, yang lain telah membuangnya, yang lain – terutama generasi muda
– baru-baru ini memilih untuk memakai jilbab atau jilbab sebagai pernyataan
pribadi identitas Muslim mereka. Tapi kita tidak boleh bingung dengan kesopanan
berpakaian yang ditentukan oleh Al-Qur’an.

Kita di Barat juga perlu
memahami pandangan dunia Islam tentang kita. Tidak ada yang bisa diperoleh, dan
banyak kerugian yang harus dilakukan, dengan menolak untuk memahami sejauh mana
banyak orang di dunia Islam benar-benar takut pada materialisme Barat dan
budaya massa kita sendiri sebagai tantangan mematikan bagi budaya dan cara
hidup Islam mereka. Sebagian dari kita mungkin berpikir jebakan materi
masyarakat Barat yang telah kita ekspor ke dunia Islam – televisi, makanan
cepat saji, dan gadget elektronik dalam kehidupan kita sehari-hari – adalah
pengaruh modernisasi, yang terbukti baik dengan sendirinya.

Tapi kita jatuh ke dalam
perangkap arogansi yang mengerikan jika kita mengacaukan ‘modernitas’ di negara
lain dengan mereka menjadi lebih seperti kita. Faktanya adalah bahwa bentuk
materialisme kita dapat menyinggung Muslim yang taat – dan yang saya maksud
bukan hanya ekstremis di antara mereka.

Ini, saya yakin, akan
membantu kita memahami apa yang biasanya kita lihat sebagai ancaman
fundamentalisme Islam. Kita perlu berhati-hati terhadap label emotif,
‘fundamentalisme’, dan membedakan, seperti yang dilakukan Muslim, antara para
revivalis, yang memilih untuk menjalankan agama mereka dengan paling taat, dan
para fanatik atau ekstremis yang menggunakan pengabdian ini untuk tujuan
politik mereka.

Baca...  Mengingat Kembali Prestasi Ulama dalam Ilmu Pengetahuan

Di antara banyak penyebab agama, sosial dan
politik dari apa yang lebih tepat kita sebut kebangkitan Islam adalah perasaan
kecewa yang kuat, kesadaran bahwa teknologi Barat dan hal-hal material tidak
cukup, dan bahwa makna hidup yang lebih dalam terletak di tempat lain dalam
esensi. dari keyakinan Islam.

Pada saat yang sama, kita
tidak boleh tergoda untuk percaya bahwa ekstremisme dalam beberapa hal
merupakan ciri dan esensi Muslim. Ekstremisme tidak lebih merupakan monopoli
Islam daripada monopoli agama-agama lain, termasuk Kristen. Sebagian besar
Muslim, meskipun secara pribadi saleh, moderat dalam politik mereka.

Agama mereka adalah ‘agama jalan tengah’. Nabi
sendiri selalu tidak menyukai dan takut akan ekstremisme. Mungkin ketakutan
kebangkitan Islam yang mewarnai tahun 1980-an sekarang mulai memberi jalan di
Barat untuk memahami kekuatan spiritual sejati di balik gelombang ini. Tetapi
jika kita ingin memahami gerakan penting ini,

Rektor, hadirin sekalian,
jika ada banyak kesalahpahaman di Barat tentang sifat Islam, ada juga banyak
ketidaktahuan tentang hutang budaya dan peradaban kita sendiri kepada dunia
Islam. Ini adalah kegagalan yang, menurut saya, berasal dari pengekangan
sejarah yang telah kita warisi. Dunia Islam abad pertengahan, dari Asia Tengah
hingga pantai Atlantik, adalah dunia di mana para sarjana dan orang-orang
terpelajar berkembang.

Tetapi karena kita
cenderung melihat Islam sebagai musuh Barat, sebagai budaya asing, masyarakat
dan sistem kepercayaan, kita cenderung mengabaikan atau menghapus relevansinya
yang besar dengan sejarah kita sendiri.

Sebagai contoh, kita
telah meremehkan pentingnya 800 tahun masyarakat dan budaya Islam di Spanyol
antara abad ke-8 dan ke-15. Kontribusi Muslim Spanyol untuk pelestarian
pembelajaran klasik selama Abad Kegelapan, dan untuk berbunga pertama dari
Renaisans, telah lama diakui. Tapi Spanyol Islam lebih dari sekadar gudang
penyimpanan di mana pengetahuan Helenistik disimpan untuk konsumsi kemudian
oleh dunia Barat modern yang sedang berkembang. 

Spanyol Muslim tidak hanya
mengumpulkan dan melestarikan konten intelektual peradaban Yunani dan Romawi
kuno, tetapi juga menafsirkan dan memperluas peradaban itu, dan memberikan
kontribusi vitalnya sendiri dalam banyak bidang usaha manusia – dalam sains,
astronomi, matematika, aljabar (itu sendiri kata Arab), hukum, sejarah,
kedokteran, farmakologi, optik, pertanian, arsitektur, teologi, musik. Averroes
dan Avenzoor, seperti rekan-rekan mereka Avicenna dan Rhazes di Timur,
berkontribusi pada studi dan praktik kedokteran dengan cara yang menguntungkan
Eropa selama berabad-abad sesudahnya.

Islam memelihara dan
melestarikan pencarian belajar. Menurut hadis, ‘tinta ulama lebih suci daripada
darah syuhada’. Cordoba pada abad ke-10 sejauh ini merupakan kota paling
beradab di Eropa. Kita tahu tentang peminjaman perpustakaan di Spanyol pada
saat Raja Alfred membuat kesalahan besar dengan seni kuliner di negara ini.
Dikatakan bahwa 400.000 jilid di perpustakaan penguasanya berjumlah lebih
banyak buku daripada semua perpustakaan di seluruh Eropa jika digabungkan. Itu
dimungkinkan karena dunia Muslim memperoleh keterampilan membuat kertas dari
Cina lebih dari 400 tahun sebelum negara non-Muslim Eropa lainnya.

Banyak ciri yang
dibanggakan Eropa modern berasal dari Spanyol Muslim. Diplomasi, perdagangan
bebas, perbatasan terbuka, teknik penelitian akademis, antropologi, etiket,
mode,

Islam Abad Pertengahan
adalah agama toleransi yang luar biasa pada masanya, yang memberikan hak kepada
orang Yahudi dan Kristen untuk mempraktikkan kepercayaan warisan mereka, dan
memberikan contoh yang sayangnya tidak ditiru selama berabad-abad di Barat.

Yang mengejutkan, tuan dan nyonya, adalah sejauh mana Islam telah menjadi
bagian dari Eropa begitu lama, pertama di Spanyol, kemudian di Balkan, dan
sejauh mana ia telah memberikan kontribusi begitu banyak terhadap peradaban
yang kita semua terlalu sering. menganggap, salah, sebagai sepenuhnya Barat.
Islam adalah bagian dari masa lalu dan masa kini kita, dalam semua bidang usaha
manusia. Ini telah membantu menciptakan Eropa modern. Itu adalah bagian dari
warisan kita sendiri, bukan sesuatu yang terpisah.

Lebih dari itu, Islam
dapat mengajari kita hari ini sebuah cara untuk memahami dan hidup di dunia
yang mana Kekristenan sendiri adalah yang paling miskin karena telah hilang. Di
jantung Islam adalah pelestarian pandangan integral dari Semesta. 

Islam—seperti Buddha dan Hindu— menolak untuk memisahkan manusia dan alam, agama dan
ilmu pengetahuan, pikiran dan materi, dan telah mempertahankan pandangan
metafisik dan kesatuan tentang diri kita dan dunia di sekitar kita. Pada inti
Kekristenan masih terdapat pandangan integral tentang kesucian dunia, dan rasa
yang jelas akan kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan kepada kita untuk
lingkungan alam kita. Dalam kata-kata penyair dan penulis himne abad ke-17 yang
luar biasa, George Herbert:

Seorang pria yang
melihat ke kaca,

Di atasnya mungkin tetap
matanya;

Atau jika dia berkenan,
melewatinya,

Dan kemudian mata-mata
surga.

Tetapi Barat secara bertahap kehilangan visi terpadu
dunia dengan Copernicus dan Descartes dan datangnya revolusi ilmiah. Filosofi
alam yang komprehensif tidak lagi menjadi bagian dari kepercayaan kita
sehari-hari. 

Saya tidak dapat menahan perasaan bahwa, jika kita sekarang hanya
dapat menemukan kembali pendekatan yang lebih awal dan menyeluruh terhadap
dunia di sekitar kita, untuk melihat dan memahami maknanya yang lebih dalam,
kita dapat mulai menjauh dari kecenderungan yang meningkat di Barat untuk hidup
di atas permukaan lingkungan kita, tempat kita mempelajari dunia kita untuk
memanipulasi dan mendominasinya, mengubah harmoni dan keindahan menjadi
ketidakseimbangan dan kekacauan.

Ini adalah fakta yang menyedihkan, saya percaya, bahwa
dalam banyak hal dunia luar yang telah kita ciptakan dalam beberapa ratus tahun
terakhir telah mencerminkan keadaan batin kita yang terpecah dan bingung.
Peradaban Barat telah menjadi semakin serakah dan eksploitatif yang
bertentangan dengan tanggung jawab lingkungan kita. 

Rasa kesatuan dan
kepercayaan yang penting dari karakter sakramental dan spiritual yang vital
dari dunia tentang kita ini pastilah sesuatu yang penting yang dapat kita
pelajari kembali dari Islam. Saya yakin beberapa orang akan langsung menuduh
saya, seperti biasanya, hidup di masa lalu, menolak menerima kenyataan dan
kehidupan modern. 

Sebaliknya, tuan dan nyonya, apa yang saya minta adalah
pemahaman yang lebih luas, lebih dalam, lebih hati-hati tentang dunia kita;
untuk dimensi metafisik dan material bagi kehidupan kita, untuk memulihkan
keseimbangan yang telah kita tinggalkan, yang ketiadaannya, saya yakin, akan
terbukti menjadi malapetaka dalam jangka panjang.

Jika cara
berpikir yang ditemukan dalam Islam dan agama-agama lain dapat membantu kita
dalam pencarian itu, maka ada hal-hal yang dapat kita pelajari dari sistem
kepercayaan ini yang saya sarankan untuk kita abaikan dengan risiko kita
sendiri.

kita hidup hari ini di satu dunia, ditempa oleh
komunikasi instan, oleh televisi, oleh pertukaran informasi dalam skala yang
tidak diimpikan oleh kakek-nenek kita. Ekonomi dunia berfungsi sebagai entitas
yang saling bergantung. Masalah masyarakat, kualitas hidup dan lingkungan,
bersifat global dalam sebab dan akibat, dan tak seorang pun dari kita lagi
memiliki kemewahan untuk dapat menyelesaikannya sendiri. 

Baca...  Keutamaan-keutamaan Hari Jum’ah

Dunia Islam dan Barat
berbagi masalah yang sama bagi kita semua: bagaimana kita beradaptasi dengan
perubahan dalam masyarakat kita, bagaimana kita membantu kaum muda yang merasa
terasing dari orang tua atau nilai-nilai masyarakat mereka, bagaimana kita
menghadapi AIDS, narkoba, dan disintegrasi bangsa. keluarga. Tentu saja,
masalah-masalah ini bervariasi dalam sifat dan intensitas antar masyarakat.

Masalah kota terdalam kita sendiri tidak identik
dengan masalah Kairo atau Damaskus. Tetapi kesamaan pengalaman manusia cukup
besar. Perdagangan internasional obat keras adalah salah satu contohnya;
kerusakan yang kita lakukan secara kolektif terhadap lingkungan kita adalah hal
lain.

Kita harus mengatasi ancaman ini terhadap komunitas
kita dan hidup bersama. Cukup mengenal satu sama lain dapat mencapai keajaiban.
Saya ingat dengan jelas, misalnya, membawa sekelompok Muslim dan non-Muslim
beberapa tahun yang lalu untuk melihat pekerjaan Pusat Kesehatan Marylebone di
London, di mana saya adalah Pelindungnya. Antusiasme dan tekad bersama yang
dihasilkan oleh pengalaman bersama sangat menghangatkan hati.

Bagaimanapun kita harus belajar untuk saling memahami,
dan mendidik anak-anak kita – generasi baru, yang sikap dan pandangan budayanya
mungkin berbeda dengan kita – agar mereka juga mengerti. Kita harus menunjukkan
kepercayaan, saling menghormati dan toleransi, jika kita ingin menemukan titik
temu di antara kita dan bekerja sama untuk menemukan solusi. Pendekatan
perusahaan komunitas dari Trust saya sendiri,

Dunia Islam dan Barat tidak bisa lagi berdiri terpisah
dari upaya bersama untuk memecahkan masalah bersama mereka. Salah satu contoh
luar biasa dari dua budaya kita yang bekerja sama dalam tujuan yang sama adalah
cara Kerajaan Arab Saudi bekerja sama dengan Universitas Oxford untuk
mendirikan pusat penelitian skizofrenia untuk sebuah organisasi bernama SANE,
di mana saya adalah Pelindungnya.

Kita juga tidak mampu untuk menghidupkan kembali
konfrontasi teritorial dan politik di masa lalu. Kita harus berbagi pengalaman,
untuk menjelaskan diri kita satu sama lain, untuk memahami dan menoleransi –
dan saya tahu betapa sulitnya hal ini – dan untuk membangun prinsip-prinsip
positif yang sama-sama dimiliki oleh kedua budaya kita.

Perdagangan itu harus dua arah. Masing-masing dari kita
perlu memahami pentingnya konsiliasi, refleksi – TADABBUR adalah kata, saya
percaya – untuk membuka pikiran kita dan membuka hati kita satu sama lain. Saya
sangat yakin bahwa dunia Islam dan Barat harus banyak belajar dari satu sama
lain. Sama seperti insinyur minyak di Teluk mungkin orang Eropa, demikian pula
ahli bedah transplantasi jantung di Inggris mungkin orang Mesir.

Jika kebutuhan akan toleransi dan pertukaran ini benar
secara internasional, ini berlaku dengan kekuatan khusus di dalam Inggris sendiri.
Inggris adalah masyarakat multi-ras dan multi-budaya. Saya telah menyebutkan
ukuran komunitas Muslim kita sendiri yang tinggal di seluruh Inggris, baik di
kota-kota besar seperti Bradford maupun di komunitas-komunitas kecil di
tempat-tempat terpencil seperti Stornaway di Skotlandia Barat. Orang-orang ini,
tuan dan nyonya, adalah aset bagi Inggris. Mereka berkontribusi pada semua
bagian ekonomi kita – untuk industri, layanan publik, profesi, dan sektor
swasta. Kami menemukan mereka sebagai guru, sebagai dokter, sebagai insinyur
dan sebagai ilmuwan.

 Mereka
berkontribusi pada kesejahteraan ekonomi kita sebagai sebuah negara, dan
menambah kekayaan budaya bangsa kita. Tentu saja, toleransi dan pengertian
harus dua arah. Bagi yang bukan muslim, itu mungkin berarti menghormati praktik
sehari-hari dari iman Islam dan perawatan yang layak untuk menghindari tindakan
yang mungkin menyebabkan pelanggaran berat.

Bagi umat Islam di masyarakat kita, ada kebutuhan
untuk menghormati sejarah, budaya dan cara hidup negara kita, dan untuk
menyeimbangkan kebebasan vital mereka untuk menjadi diri mereka sendiri dengan
penghargaan akan pentingnya integrasi dalam masyarakat kita.

 Di mana ada
kegagalan pemahaman dan toleransi, kita memiliki kebutuhan, di depan pintu kita
sendiri, untuk rekonsiliasi yang lebih besar di antara warga kita sendiri. Saya
harap kita semua akan belajar untuk menunjukkan hal ini seiring tumbuhnya
pemahaman di antara komunitas-komunitas ini. dan untuk menyeimbangkan kebebasan
vital mereka untuk menjadi diri mereka sendiri dengan penghargaan akan
pentingnya integrasi dalam masyarakat kita.

Di mana ada kegagalan pemahaman dan toleransi, kita
memiliki kebutuhan, di depan pintu kita sendiri, untuk rekonsiliasi yang lebih
besar di antara warga negara kita sendiri.

 Saya harap kita
semua akan belajar untuk menunjukkan hal ini seiring tumbuhnya pemahaman di
antara komunitas-komunitas ini. dan untuk menyeimbangkan kebebasan vital mereka
untuk menjadi diri mereka sendiri dengan penghargaan akan pentingnya integrasi
dalam masyarakat kita.

 Di mana ada
kegagalan pemahaman dan toleransi, kita memiliki kebutuhan, di depan pintu kita
sendiri, untuk rekonsiliasi yang lebih besar di antara warga kita sendiri. Saya
harap kita semua akan belajar untuk menunjukkan hal ini seiring tumbuhnya
pemahaman di antara komunitas-komunitas ini.

Saya hanya bisa mengagumi, dan memuji, pria dan wanita
dari begitu banyak denominasi yang bekerja tanpa lelah, di London, South Wales,
Midlands dan di tempat lain, untuk mempromosikan hubungan masyarakat yang baik.

Pusat Studi Islam dan Hubungan Kristen-Muslim di
Birmingham adalah salah satu contoh yang sangat menonjol dan sukses. Kita harus
berterima kasih, saya percaya, atas dedikasi dan teladan semua orang yang telah
mengabdikan diri mereka untuk tujuan memajukan pemahaman.

Tuan-tuan dan nyonya-nyonya, jika, dalam setengah jam
terakhir, mata Anda telah mengembara ke alegori Kebenaran yang menakjubkan yang
turun pada seni dan sains di langit-langit Sir Robert Streeter di atas Anda,
saya yakin Anda akan memperhatikan bahwa Kebodohan dibuang dengan kejam dari
arena – hanya ada di depan casing organ.

 Saya merasa
simpati untuk Ketidaktahuan, dan berharap saya diizinkan untuk mengosongkan
teater ini dalam kondisi yang agak lebih baik

Sebelum saya pergi, saya tidak dapat menjelaskan
kepada Anda dengan cukup kuat pentingnya dua masalah yang telah saya coba
sentuh dengan sangat tidak sempurna pagi ini. Kedua dunia ini, Islam dan Barat,
berada di persimpangan jalan dalam hubungan mereka. Kita tidak boleh membiarkan
mereka berdiri terpisah. Saya tidak menerima argumen bahwa mereka berada di
jalur untuk berbenturan di era baru antagonisme.

Saya benar-benar yakin bahwa dua dunia kita memiliki
banyak hal untuk ditawarkan satu sama lain. Banyak yang harus kita lakukan
bersama. Saya senang bahwa dialog telah dimulai, baik di Inggris maupun di
tempat lain.

Tapi kita harus bekerja lebih keras untuk memahami
satu sama lain, untuk mengalirkan racun di antara kita, dan untuk meletakkan
hantu kecurigaan dan ketakutan. Semakin jauh jalan yang dapat kita tempuh,
semakin baik dunia yang akan kita ciptakan untuk anak-anak kita dan untuk
generasi mendatang.

Sumber : The Royal Family

2369 posts

About author
KULIAHALISLAM.COM merupakan media berbasis online (paltform digital) yang menyebarkan topik-topik tentang wawasan agama Islam, umat Islam, dinamika dunia Islam era kontemporer. Maupun membahas tentang keluarga, tokoh-tokoh agama dan dunia, dinamika masyarakat Indonesia dan warga kemanusiaan universal.
Articles
Related posts
Artikel

UMKM Jasa Katering Aqiqah: Solusi Praktis untuk Ibadah Aqiqah

2 Mins read
Layanan Katering Aqiqah Semakin Populer Menyambut kelahiran buah hati dengan aqiqah menjadi salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Kini, banyak…
Artikel

Daftar HP Suport NFC 2024: Pilihan Terbaik untuk Kemudahan Transaksi Digital

2 Mins read
NFC (Near Field Communication) semakin menjadi fitur yang wajib ada di smartphone modern. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa…
Artikel

Kenapa Jasa Anti Rayap Diperlukan?

2 Mins read
  Kami Pest Control Indonesia dengan Brand UniPest menawarkan layanan jasa anti rayap untuk melindungi bangunan dari serangan rayap. Rayap merupakan hama yang dapat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights