Artikel

Jawaban Jika Anak Bertanya Bagaimana Caranya Mencapai Kasih Tuhan Kepadaku?

1 Mins read

Jawaban jika anak bertanya bagaimana caranya mencapai kasih Tuhan kepadaku? Anak-anak setelah diajari mengenal Allah SWT, maka sudah pasti mereka akan bertanya bagaimana cara mencapai kasih-Nya? Maka jawabannya adalah, Allah SWT berfirman:

قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَـكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran [3]: 31).

Nabi SAW bersabda:

أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ , وَأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ , أَوْ تَكَشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً , أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا , أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا , وَلأَنْ أَمْشِيَ مَعَ أَخِ فِي حَاجَةٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ يَعْنِي مَسْجِدَ الْمَدِينَةِ شَهْرًا

Artinya: “Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beri’tikaf di masjid ini -masjid Nabawi- selama sebulan penuh.” (HR. Thabrani di dalam Al-Mu’jam Al-Kabir no. 13280, 12: 453. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadis ini hasan sebagaimana disebutkan dalam sahih Al-Jaami’ no. 176).

Hadis ini menjelaskan bahwa, orang yang paling dicintai Allah SWT adalah orang yang memberi manfaat kepada manusia dengan manfaat apa pun yang baik bagi mereka dalam agamanya dan dunianya.

Singkatnya, anakku, jika kamu mencintai Allah SWT, Rasul-Nya, dan orang-orang saleh, maka kamu harus menjalankan kewajiban dan ketaatanmu, dan menghormati orang tuamu, dan memberi manfaat kepada orang lain, dan menjauhi mereka yang merugikan kamu, dan bersabarlah terhadap mereka, dan tinggalah serta jauhi dosa dan kekejian (maksiat), maka niscaya Tuhan Yang Maha Esa akan menyayangimu.

Baca...  Filsafat Pendidikan Islam: Perspektif Ikhwan Shafa

Penting dicatat, doa agar dicintai Allah SWT sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالْعَمَلَ الَّذِي يُبَلِّغُنِي حُبَّكَ اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أَحَبَّ إِلَيَّ مِنْ نَفْسِي وَأَهْلِي وَمِنْ الْمَاءِ الْبَارِدِ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon cinta Engkau, dan kecintaan orang yang mencintai Engkau, serta amalan yang membuatku bisa meraih kecintaan-Mu. Ya Allah, jadikanlah kecintaanku kepada-Mu lebih tertanam dalam jiwaku melebihi kecintaanku kepada diriku sendiri dan keluargaku.”

Salah satunya hadis Nabi SAW yang diriwayatkan Abu Abdirrahman bin Mas’ud: “Suatu ketika aku bertanya kepada Rasulullah tentang amalan apa yang paling dicintai Allah, kemudian beliau menjawab, ‘Salat pada waktunya’. Lalu apalagi? Beliau menjawab ‘berbakti pada orang tua’, kemudian apalagi? Dan beliau menjawab, ‘berjihad di jalan Allah’.” (HR Muslim dan Bukhari).

Summary
Article Name
Jawaban Jika Anak Bertanya Bagaimana Caranya Mencapai Kasih Tuhan Kepadaku?
Description
Anak-anak setelah diajari mengenal Allah SWT. Maka sudah pasti mereka akan bertanya bagaimana cara mencapai kasih-Nya? Maka jawabannya adalah, Allah SWT berfirman: قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَـكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ Artinya: “Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. Ali Imran [3]: 31).
Author
Publisher Name
Alumni PP Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo dan PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Penulis juga kontributor tetap di E-Harian Aula digital daily news Jatim.
45 posts

About author
Alumni PP Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo dan PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Penulis juga kontributor tetap di E-Harian Aula digital daily news Jatim.
Articles
Related posts
Artikel

UMKM Jasa Katering Aqiqah: Solusi Praktis untuk Ibadah Aqiqah

2 Mins read
Layanan Katering Aqiqah Semakin Populer Menyambut kelahiran buah hati dengan aqiqah menjadi salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam Islam. Kini, banyak…
Artikel

Daftar HP Suport NFC 2024: Pilihan Terbaik untuk Kemudahan Transaksi Digital

2 Mins read
NFC (Near Field Communication) semakin menjadi fitur yang wajib ada di smartphone modern. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa…
Artikel

Kenapa Jasa Anti Rayap Diperlukan?

2 Mins read
  Kami Pest Control Indonesia dengan Brand UniPest menawarkan layanan jasa anti rayap untuk melindungi bangunan dari serangan rayap. Rayap merupakan hama yang dapat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Verified by MonsterInsights