Peran Generasi Muda dalam Mempertahankan dan Melestarikan Seni Budaya Bangsa Indonesia

Penulis: Nadia Rohmah, Mahasiswa dari IAIN Ponorogo Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam.


Pengertian Generasi Muda

Generasi muda adalah harapan masa depan bangsa, calon pemimpin masa depan, oleh karena itu dari generasi muda nasib suatu bangsa dipertaruhkan. 

Suatu bangsa apabila generasi mudanya memiliki kualitas yang unggul dan semangat kuat untuk memajukan budaya daerah yang didasari dengan keimanan, dan akhlak mulia, maka bangsa itu akan berkembang. 

Tanpa keterlibatan generasi muda, keberlangsungan dalam pelestarian budaya dan nilai-nilai kearifan lokal sebagai warisan leluhur akan terputus dan tidak dapat diwariskan kepada generasi setelahnya. 

Oleh sebab itu generasi muda harus menjadi pelaku utama dalam mewariskan nilai-nilai kearifan yang terkandung dalam pelestarian budaya.

Upaya dalam Mempertahankan Budaya Indonesia

Budaya ialah kekayaan yang merupakan bentuk warisan dari nenek moyang berupa keindahan seni,baik itu berupa keindahan seni musik, tarian, benda-benda, bahasa, dan lain sebagainya. 

Budaya selalu dimiliki oleh setiap wilayah dimana budaya merupakan peninggalan dari orang-orang terdahulu yang menempati wilayah tersebut serta diteruskan turun-temurun ajarannya. Untuk menjadikan generasi muda mencintai budaya Indonesia yaitu dengan cara sebagai berikut :

1. Meningkatkan Kompetensi Budaya

Belajar yang rajin di Sekolah untuk meningkatkan kompetensi diri sehubungan dengan budaya tentu menjadi jalan terbaik untuk bisa melestarikan budaya Indonesia. Dengan belajar, remaja akan mengenal lebih dalam sekaligus menanamkan rasa cinta.

2. Aktif Kegiatan Budaya

Remaja wajib tetap aktif ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan, misalnya gotong royong mengadakan acara budaya hari-hari tertentu seperti hari kemerdekaan yang umumnya diadakan acara budaya, hal ini sekaligus memperkenalkan remaja lainnya.

3. Mencegah Agar Tidak Diakui Negara Lain

Remaja tentu wajib ikut serta dalam usaha menjaga keamanan budaya dengan cara mempraktikkan dan melaksanakan yang berhubungan seperti tata cara berbahasa dan sebagainya. Dengan demikian, budaya tidak akan bisa diambil atau diakui oleh orang lain.

4. Sopan Santun

Melihat remaja banyak menggunakan bahasa modern yang bahkan alay tentu terdengar miris. Padahal dalam kehidupan masyarakat Jawa, bahasa kromo/alus harus tetap digunakan apalagi dalam berbicara dengan orang yang lebih tua. Maka dari itu, harus dibiasakan.

5. Mengenal Seni dan Lagu Daerah

Remaja harus turut aktif menjaga kesenian daerah dan lagu-lagu daerah dengan mengajarkannya kepada adik-adiknya maupun sedang bermain bersama sehingga tidak hanya lagu modern saja yang dikenal namun juga belajar mengenal lagu budaya beserta makna indahnya.

6. Menerapkan Budaya sebagai Prioritas

Berperilaku santun dalam pergaulan sehari-hari adalah salah satu peran penting yang bisa dilakukan remaja untuk melestarikan budaya Indonesia, tak perlu meniru bagaimana cara remaja  dari luar bergaul, tentu jauh lebih baik jika memiliki jati diri sendiri sehingga memiliki ciri khas dan keunikan.

7. Menjadikan Budaya  sebagai Prioritas

Remaja juga dapat menunjukkan bahwa budaya adalah hal yang penting sebab berhubungan dengan jati diri bangsa. Pemerintah pusat maupun daerah ikut memperhatikan upaya pelestarian budaya nasional dan tidak hanya memprioritaskan pada bidang politik dan ekonomi saja tetapi juga pada bidang budaya.

8. Memiliki Rasa Bangga

Generasi muda bangsa Indonesia harus mempunyai rasa kebanggaan dan menampilkan budaya nasional di setiap moment, tentunya sesuatu yang tidak dilakukan dengan cinta tidak akan terasa menyenangkan, satu-satunya untuk menjadikan budaya terasa menyenangkan untuk dipelajari dan diterapkan tentu dengan melakukannya dengan bangga orang-orang yang melihatnya pun ikut tertarik dn ikut mencintainya.

9. Kerjasama dengan Berbagai Pihak

Generasi muda dapat menunjukkan bahwa Pemerintah pusat , maupun daerah perlu adanya kerjasama, contohnya : di bidang pendidikan untuk menjadi binaan dan tanggung-jawab agar budaya nasional dapat dilestarikan dan dikembangkan dengan kerjasama tersebut, budaya akan menjadi salah satu prioritas. 

Misalnya menjadi salah satu hal yang penting dalam materi pelajaran atau di jenjang pendidikan dengan bantu untuk membiasakannya misalnya dengan terbiasa menggunakan bahasa daerah pada siswanya,  sehingga siswa secara langsung akan menerapkan bahasa daerah yang sama dalam keseharian.

10. Evaluasi untuk Mendatangkan Keuntungan

Generasi muda dapat menunjukkan bahwa budaya Indonesia dapat mendatangkan keuntungan misalnya ketika ditampilkan acara tertentu yang akan menjadi kebanggaan sehingga akan ada evaluasi pada peran dan fungsi Departemen Kebudayaan dan Pariwisata sebagai lembaga yang bisa mempromosikan budaya bangsa ke negara lain agar dapat mendatangkan keuntungan bagi negara ini.

Kesimpulan

Sementara itu, peran generasi muda untuk melestarikan warisan-warisan budaya dan lingkungan sekitar ini tidak akan dikalahkan oleh era globalisasi dan tidak tergantikan oleh budaya –budaya asing, sebagai generasi penerus bangsa selanjutnya sudah seharusnya generasi muda mampu mempertahankan kebudayaan dan lingkungan di Indonesia agar tidak menjadi pudar bahkan lenyap karena pengaruh dari budaya-budaya luar. Generasi muda memiliki kedudukan dan peranan penting dalam pelestarian seni dan budaya daerah.

Mempertahankan budaya memang bukan perkara mudah, generasi muda harus mampu mempertahankan dan melestarikan  budaya lokal agar tidak terkikis budaya asing yang masuk ke Indonesia. Karena hal ini akan menyebabkan terjadinya krisis moral khususnya pada generasi muda sebagai generasi masa depan. 

Generasi muda sangat rentan dengan perubahan, baik itu keburukan ataupun kebaikan. Pengaruh kebudayaan juga merupakan ancaman bagi mereka. OLeh karena itu, mereka harus ditantang untuk segera mencintai budaya sendiri dan menerima perkembangan budaya luar hanya sesuai dengan norma dan budaya kita karena hal ini sangat mengkhawatirkan dan siap menerkam para generasi muda. Seperti pergaulan bebas tanpa batas, narkoba, minuman keras dan hal lain yang sangat merugikan para generasi muda tersebut.

Sumber Referensi :

Swari, Ni Putu Anggita Putri, dkk. Peran Generasi Muda dalam Mempertahankan Seni dan Budaya Bangsa. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar : Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Handayani, Ni Made Ari Putri, dkk. 2023. Peran Generasi Z Sebagai Wadah Pelestarian Budaya dan Lingkungan dalam Mewujudkan Indonesia Emas. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar : Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال