Sambutan Ketua Umum Pikom IMM FAI dalam Penerimaan Maba FAI


Assallamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat sehat, nikmat, ibadah, nikmat menuntut ilmu dan keberkahan dunia yang tak terhitung jumlahnya bagi kita semua. Shalawat serta salam juga senantiasa tertuju kepada baginda Nabi Muhammad SAW, Rasul Allah yang menjadi suritauladan sepanjang masa bagi seluruh umat di dunia.

Selamat datang dan selamat bersyukur karena telah hadir di Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH) sebagai mahasiswa baru. Di kampus ini adik-adikku, mahasiswa baru patut berbangga diri dan bersyukur, sebab UAD adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Sulsel dan yang telah banyak dikenal prestasinya di ranah nasional bahkan internasional. 

UNISMUH Makassar sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) tak sekadar mendidik mahasiswa menjadi pribadi yang intelektual, tetapi juga humanis dan religius sehingga pantaslah adik-adikku sekalian mantap dan giat berkuliah disini untuk menempa diri menjadi pribadi yang unggul.

Selamat datang adik-adik di UNISMUH khusus fakultas agama Islam, "fakultas dunia akhirat insyallah." Berkuliah seringkali menjadi pilihan dan pertimbangan yang sulit bagi kawan-kawan muda yang telah usai menempuh jenjang sekolah menengah umum/kejuruan, banyak kendala yang mesti diperhatikan mulai dari biaya, letak geografis rumah, bahkan jurusan sebagai bentuk prospek pada cita-cita kelak. 

Tetapi yakinlah selalu, bahwa dengan memilih UNISMUH sebagai rumah menuntut ilmu, insya Allah tidak akan ada sesuatu yang akan disesali, sebab disini semua telah mencapai pada tahap akreditasi patut dibanggakan. Kondisi kampus yang berprestasi juga tidak serta merta didapat dengan mudah, begitu juga kondisi lulusannya yang selalu pada nilai yang memuaskan, semua butuh perjuangan dan doa yang tidak putus-putusnya. 

Karena, setelah memutuskan untuk berkuliah di UNISMUH, sisanya adalah komitmen diri untuk bersungguh-sungguh dalam tanggung jawab sebagai mahasiswa, juga sebagai anak yang merantau jauh dari orang tua. 

Berbicara tentang mahasiswa adalah salah satu pembahasan yang sangat berat karena kenapa kawan-kawan sekalian, karena dia mahasiswa adalah agen perubahan dan aspirasi suara masyarakat, maka perlu untuk terus belajar dan terus proses dalam kelembagaan khusus di IMM, ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, IMM hadir sebagai wadah aspirasi teman-teman untuk mengasah kemampuan dan berprestasi dalam segala bidang, khusus bidang keagamaan dan teknologi.

Dengan tema, Unismuh unggul kita membangun jiwa kewirausahaan untuk menghadapi tantangan global tahun ini harapannya adik-adik mahasiswa baru tidak lagi terjerembab sebagai anak-anak remaja yang masih belum punya arah, melainkan menjadi pemuda-pemuda dengan jiwa kewirausahaan dan kepemimpinan yang mantap dan siap menjadi kader-kader bangsa, persyarikatan.

Kader umat yang terbaik untuk menciptakan peradapan umat yang maju dan mulia. Menuju pada cita-cita besar ini maka kiranya duduk dan sibuk di kelas saja tidak akan cukup memberikan adik-adik mahasiswa karakter dan mental yang tangguh dalam menempuh kehidupan. 

Sehingga nanti cobalah untuk turut berorganisasi dan menyibukkan diri dalam berbagai kegiatan kampus maupun kegiatan-kegiatan diluar kampus yang dengan semua itu dapat menempa kita menjadi mahasiswa yang berwawasan global.

Karena Allah menyuruh kita untuk berkelompok atau berorganisasi. Al Imron 104. Artinya.

"Hendaklah di antara kalian ada segolongan orang yang menyuruh berbuat baik, dan mengajarkan dari yang mungkar."

Melalui mimbar yang muli ini dan yang singkat ini, saya mewakili kakak-kakak mahasiswa tidak bisa mengungkapkan banyak pesan nasihat, sebab sejauh ini pun kami masih terus berproses membenahi diri, sehingga kelak jikalau bertemu kami, maka janganlah sungkan untuk saling menasehati, karena sesungguhnya ilmu serta pengetahuan yang kami miliki belum tentu lebih baik dari adik-adikku yang mengagungkan ilmu sebagai bekal dunia akhirat. 

Sebagai ketua umum Pikom IMM FAI fakultas Agama Islam Unismuh Makassar. Mengucapkan selamat datang di dunia baru dunia yang penuh dengan tantangan dan rintangan.

Selanjutnya saya hanya bisa mengajak dan mendoakan adik-adikku mahasiswa baru agar betah dan selalu bersemangat berkuliah di Unismuh Makassar tercinta ini. Tak perlu membanding-bandingkan dengan universitas lain jika itu hanya sekedar melihat dari kemewahan bangunan dan fasilitas, sebab kualitas suatu kampus terletak pada kesungguhan mahasiswanya berjuang memberikan manfaatnya untuk kampus maupun masyarakat, dan bukan menuntut sesuatu yang sifatnya materi atau hal-hal yang dapat dijadikan alasan untuk malas belajar. 

Kita mesti bersyukur, pendidikan dewasa ini telah sangat berkembang dan memberikan kita banyak kemudahan dibanding kakak-kakak kita terdahulu pada saat perjuangan membangun bangsa menjadi bangsa yang merdeka.

Saya ucapkan selamat datang dan selamat berpetualang di dunia keilmuan yang baru. Segenap civitas akademika Universitas Muhammadiyah Makassar telah siap menyambut adik-adik mahasiswa sebagai keluarga baru, jangan sungkan, dan sambutlah dengan berbahagia pula. 

Di UNISMUH insyallah cita-cita kita akan semakin dekat dan harapan akan semakin nyata, insyallah. Akhir kata, saya ucapkan mohon maaf seandainya banyak hal yang kurang berkenan dihati kawan-kawanku mahasiswa baru selama menerima sambutan, jaga amanahmu, jaga nama baik institusimu, masa depanmu ada di tanganmu sendiri, kami hanya mencoba membantu sebaik-baiknya.

"Teruslah berpose dan belajar". Iqro baca.

Abdurrahman. 

Ketua umum pikom IMM FAI UNISMUH Makassar Periode 2022-2023

Billahifisbililhaq Fastabiqul Khairat

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Redaksi

Redaksi Kuliah Al Islam

Post a Comment

Previous Post Next Post

Iklan Post 2

نموذج الاتصال